Yuk, Wisata Murah dan Asyik di 8 Tempat di Purwakarta Ini

Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki daerah-daerah dengan berbagai tempat wisata menarik. Sebut saja Purwakarta salah satunya yang menyimpan hidden paradise untuk kamu kunjungi saat akhir pekan. Berada sekitar 80 km sebelah tenggara Jakarta, Kota Purwakarta memang mudah diakses, baik dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum.

Di Purwakarta, ada berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi lho. Tentunya, tempat wisata di Purwakarta ini menyimpan berbagai objek menarik dan suasana yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang. Nah, berikut ini 10 rekomendasi tempat-tempat wisata yang ada di Purwakarta yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, teman, atau saudara. Check them out!

  1. The Colorville

The Colorville adalah salah satu tempat wisata keluarga di Purwakarta. Di dalamnya, kamu bisa menemukan berbagai fasilitas outbound yang menarik, seperti wahana menyeberang di atas seutas tali ataupun ATV. Selain itu, kamu juga bisa mencoba Upside Down Room yang dilengkapi dengan berbagai perabotan unik dan membuatmu seperti berada pada posisi terbalik

The Colorville juga menyediakan berbagai spot foto menarik yang instagramable sehingga bisa banget nih buat mempercantik feed IG kamu. Selain itu, di sini juga terdapat rumah pohon, ayunan di atas ketinggian, hingga spot foto dengan tulisan “I Love You” yang cute.

2. Jatiluhur Waterworld

Mau coba bermain ke waterpark bersama keluarga tercinta? Yuk, cobain deh ke Jatiluhur Waterworld. Taman air yang berlokasi di Jatimekar, Jatiluhur ini adalah salah satu kawasan wisata populer di Purwakarta yang kerap dikunjungi bersama keluarga. Lokasinya yang tidak jauh dari Waduk Jatiluhur membuat kamu tidak hanya bisa bermain air di sini, tapi juga sekaligus melihat pemandangan waduk yang luas.

Ada banyak wahana yang bisa kamu mainkan di sini bersama keluarga, seperti ember tumpah, seluncuran air, bungge trampolin dan masih banyak lagi. Suasana yang teduh membuat Jatiluhur Waterworld ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi bersama keluarga tercinta. Selain itu, kamu juga bisa lho menggelar tikar di sekitar sambil bersantai.

3. Curug Cipurut

Nama Curug Cipurut sendiri berasal dari sebuah pohon yang konon katanya ada di sekitar curug ini berdasarkan cerita para warga sekitar. Pohon tersebut menghasilkan buah bernama buah purut dengan ukuran yang kecil. Keindahan dari curug ini memang terpancar langsung saat kita menginjakkan kaki di sini. Lokasinya yang juga berada di kaki gunung Burangrang membuat udara di kawasan ini terasa sejuk.

Tempat wisata ini menawarkan tiga curug, di mana yang satunya memiliki tinggi sekitar 25 meter (paling tinggi), sementara dua lainnya lebih landai. Akses tempat wisata ini pun juga dapat dijangkau dengan mudah, baik menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan alam. Selain menikmati keindahan panorama air terjun, kamu bisa melakukan kegiatan lain saat berada di sini, seperti camping atau hanya sekadar mengabadikan momen dengan berswafoto

4. Desa Sajuta Batu

Berlokasi di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Desa Sajuta Batu menjadi destinasi wisata di Purwakarta yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Nama dari Desa Sajuta Batu ini diberikan karena banyaknya batuan alam, dari yang paling kecil hingga Gunung Andesit setinggi 900 mdpl. Kata ‘sajuta’ berasal dari bahasa Sunda yang artinya adalah Sejuta. 

Selain menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan, di sini para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas-aktivitas seru, seperti rock climbing, jelajah kampung, flying fox, berkemah, hingga mencicipi berbagai wisata kuliner khas setempat.

5. Bukit Panenjoan Purwakarta

Nama Bukit Panenjoan Purwakarta saat ini sudah menjadi objek wisata yang banyak digandrungi wisatawan. Tempat ini memang menyuguhkan pemandangan alam yang indah khas pedesaan dilengkapi dengan jembatan bambunya yang menjadi ciri khas. Berlokasi di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bokong, Bukit Panenjoan ini bisa ditempuh kurang lebih 17 km dari Kota Purwakarta.

Objek wisata alam ini merupakan bukit lahan hijau yang dikelilingi dengan perkebunan teh yang memiliki luas 100 hektar. Bukit ini berada di dataran tinggi sehingga tidak mengherankan jika hawanya terasa sejuk. Ada banyak hal menarik yang bisa kamu nikmati saat berada di sini, mulai dari pemandangan alam dari atas bukit hingga banyaknya spot foto yang eksotis.

6. Curug Tilu Purwakarta

Satu lagi curug di Purwakarta yang sangat sayang untuk dilewatkan. Curug Tilu Purwakarta juga menjadi salah satu objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Di sini, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah, yaitu air terjun yang berpadu dengan pepohonan hijau dengan batu-batuan pegunungan.

Warna dari air curugnya kehijau-hijauan dan masih terbilang alami karena masih jarang terjamah oleh tangan manusia. Keunikan dari curug ini adalah aliran airnya yang mengalir di antara bebatuan berundak. Jika ingin ke sini, sebaiknya usahakan untuk berangkat pagi agar tidak pulang terlalu malam karena jalanannya masih tergolong sepi.

7. Curug Sahada

Tempat wisata yang satu ini juga tidak kalah cantiknya dengan Curug Cipurut atau Curug Tilu. Curug Sahada yang berlokasi di Sindanglaya, Sukatani ini adalah salah satu surga tersembunyi yang ada di Kota Purwakarta. Pemandangan yang disajikan di tempat ini pun terbilang memesona, di mana view antara gunung, persawahan, dan Waduk Jatiluhur pun bersatu padu menjadi satu-kesatuan yang mengagumkan.

Selain menyuguhkan view air terjun yang cantik, sajian tebing di sini pun terbilang eksotis. Tebing panjatnya sendiri memiliki ketinggian sekitar 7 meter. Nah, air terjun di curug ini mengalir melalui tebing bebatuan tersebut. Debit airnya pun tidak terlalu deras sehingga aman bagi kamu yang ingin berenang atau hanya sekadar bermain air.

8. Hidden Valleyhills Purwakarta

Sedang mencari tempat wisata selfie kekinian yang anti mainstream? Kalau iya, coba deh datang aja ke Hidden Valleyhills Purwakarta. Tempat wisata yang berada di Cibodas, Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ini sering kali diburu para wisatawan untuk menghabiskan waktu luang. Di sini, terdapat Tugu Belanda Kuno Anno yang bertuliskan tahun 1989 Masehi.

Tempat wisata yang mengusung konsep ala negeri dongeng ini berjarak sekitar 16 km dari Kota Purwakarta. Hidden Valleyhills sendiri terbilang hits di kalangan wisatawan yang ingin berswafoto karena banyak spot-spot menarik yang bisa dijadikan sebagai latar belakang. Di sini juga terdapat berbagai fasilitas yang bisa kamu nikmati saat di sini, mulai dari resort, ruang meeting, dan kolam renang.

Itu dia 8 tempat wisata di Purwakarta yang bisa kamu kunjungi saat akhir pekan. Gimana, menarik banget kan? Nggak perlu menguras kantong, rekomendasi destinasi di atas bakalan buat kamu dan keluarga happy kok! Oh iya, setelah puas menjelajahi tempat-tempat tersebut, jangan lupa untuk beristirahat di hotel yang nyaman di Purwakarta ya. Selamat liburan!

Leave a Comment