Yuk, Masukkan 6 Tempat Wisata di Magelang Ini untuk Destinasi Liburanmu Nanti

Siapa sih yang nggak tahu kalau di kota Magelang punya destinasi wisata yang sudah mendunia? Yup, Candi Borobudur menjadi salah satu kawasan yang paling sering dikunjungi saat liburan. Namun faktanya, destinasi wisata di kota ini bukan hanya Candi Borobudur saja lho. Di salah satu kota yang termasuk ke dalam Provinsi Jawa Tengah ini ternyata menyimpan banyak potensi alam yang bisa kamu lihat dari sisi utara ke selatan atau barat ke timur.

Tentunya potensi alam yang tersedia pun bervariasi, mulai dari perbukitan, pegunungan, air terjun, pantai, hingga wisata selfie yang menghadirkan spot-spot foto instagramable. Jadi, nggak ada alasan tuh buat mati gaya kalau pergi ke Magelang. Nah, kalau kamu emang berencana liburan ke sini, nggak ada salahnya lho untuk mengintip 6 tempat wisata di Magelang berikut ini.

1. Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur atau Silancur Highland adalah destinasi wisata baru di Kota Magelang. Kawasan ini didesain khusus sebagai spot-spot untuk berfoto ria dengan lokasi yang strategis dan suasana sejuk karena berada di kaki gunung. Berada tidak jauh dari base camp pendakian Gunung Sumbing, Silancur Highland ini memang menyuguhkan lanskap pegunungan yang menakjubkan.

Pemandangan yang memesona dengan ditambah suasana yang asri dan sejuk seketika membuat jiwa terasa tenang. Selain pemandangan yang indah, Silancur Highland ini juga memiliki banyak spot foto menarik yang akan membuat foto kamu tampak lebih keren. Di sini juga banyak bunga warna-warni tumbuh yang akan semakin mempercantik tampilan.

2. Candi Selogriyo

Berada di lereng timur kaki Gunung Sumbing berdiri sebuah candi berusia tahun dengan megahnya, yaitu Candi Selogriyo. Candi ini memiliki lokasi yang terpencil dari pemukiman penduduk, tepatnya di lereng timur kumpulan tiga bukit, yaitu Condong, Giyanti, dan Malang dengan ketinggian 740 mdpl.

Di plataran candi ini kerap diadakan mentas kebudayaan Jawa setiap bulan Jawa, Suro atau ‘malam Jumat kliwon’ dan m’malam Selasa kliwon’. Saat mengunjungi candi bersejarah tersebut, para pengunjung juga dapat menikmati keindahan panorama gunung-gunung, persawahan, dan perkampungan penduduk

3. Punthuk Setumbu

Menikmati keindahan sunrise (matahari terbit) dari Punthuk Setumbu adalah salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berada di kota Magelang. Kawasan ini menjadi spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar Gunung Merapi Merbabu. Selain itu dari kawasan ini, para pengunjung juga dapat melihat kemegahan Candi Borobudur yang terkurung lautan kabut pada pagi hari.

Di sini eksotisme pemandangan matahari terbit memang selalu menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Tidak heran, jika kawasan ini selalu ramai dikunjungi, terutama saat waktu liburan. Destinasi wisata yang berlokasi di Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang di ketinggian 400 mdpl ini semakin melejit namanya setelah menjadi salah satu latar tempat shooting sebuah film layar lebar “AADC 2”. Nah, kalau kamu penasaran untuk menyaksikan keindahan pemandangan dari sini, langsung datang aja deh!

4. Bukit Rhema

Nggak cuma Punthuk Setumbu aja, nama Bukit Rhema juga melejit setelah menjadi latar film layar lebar “AADC 2”. Lebih dikenal dengan nama Gereja Ayam, kawasan ini berlokasi di tengah perbukitan dan hutan yang cukup lebat. Di sini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat pemandangan kota Magelang dari ketinggian. Namun, untuk bisa menaiki puncak, pengunjung diharuskan membayar.

Saat berada di puncak, para pengunjung akan dibius dengan panorama alam yang indah. Jika cuaca sedang cerah, pesona Candi Borobudur dari kejauhan pun akan terlihat. Di sini, kamu juga bisa lho menikmati keindahan sunrise yang cantik dan pastinya nggak bakalan bikin nyesel!

5. Air Terjun Goa Slandak

Ini dia salah satu kawasan wisata air terjun yang ada di kota Magelang. Berada di Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terdapat Air Terjun Goa Slandak yang menjadi salah satu wisata unggulan di kota ini. Letak lokasi wisata air terjun ini bersebelahan dengan lokasi wisata alam hutan pinus sehingga para pengunjung dapat menikmati kesegaran air terjun sekaligus keindahan hutan pinus.

Di air terjun ini terdapat dua grojogan yang letaknya cukup dekat, di mana di bagian atas terdapat air terjun setinggi 3 meter (Kedung Bunder) dan di bagian bawah terdapat air terjun Goa Slandak dengan ketinggian 10 meter. Sambil bermain air dan menikmati kesegarannya, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk khas hutan pinus seolah beban pikiran dan rasa penat hilang dalam sekejap.

6. Candi Mendut

Nggak cuma Candi Borobudur saja, di Magelang ada juga candi yang wajib kamu kunjungi, yaitu Candi Mendut. Meskipun tidak semegah Candi Borobudur, kawasan ini tetap direkomendasikan untuk masuk ke dalam wishlist liburanmu. Layaknya kawasan candi pada umumnya, candi ini tentunya memiliki sejarah tinggi yang patut untuk dipelajari.

Lokasinya berada di Jalan Mayor Kusem, Desa Mendut, Kota Mungkid, yang tidak jauh dari Candi Borobudur dan Candi Pawon. Candi ini sendiri menyimpan sejumlah pelajaran kehidupan yang disematkan dalam relief yang bernama pancatantra, yang berarti lima ajaran (mengandung unsur kehidupan dan kedekatan antara umat manusia dan dewa).

Jadi, gimana? Masih bilang kalau destinasi wisata di Magelang cuma Candi Borobudur saja? Mulai sekarang nggak ada salahnya lho untuk memasukkan kota Magelang sebagai destinasi liburanmu nanti. Berbagai tempat wisata yang menarik di sini pastinya siap memanjakanmu deh!

Leave a Comment