Penat Beraktivitas? Yuk, Eksplor 3 Surga Tersembunyi di Aceh Ini!

Traveling adalah salah satu kegiatan yang sering kali dijadikan sebagai alternatif untuk mengusir penat. Berbagai tempat wisata di tanah air menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan dan mampu memanjakan mata. Namun, tahukah kamu tidak hanya Bali yang menawarkan tempat wisata dengan pesona cantik lho. Ternyata eh ternyata, Aceh menjadi salah satu destinasi tujuan wisata yang bisa menjadi alternatif dan terbilang anti-mainstream.

Tidak banyak orang yang tahu kalau Aceh menyimpan berbagai tempat wisata menarik untuk melepas penat dari segala aktivitas. Menjajaki Aceh Barat, ternyata ada satu hidden paradise dengan sajian eksotisme alam yang fresh dan mampu menghipnotis siapa pun yang berkunjung. Penasaran? Yuk, kita simak ulasannya di bawah ini!

Mengabadikan Momen dengan Landscape Biru Langit yang Memantul Sempurna ke Laut di Pantai Ujong Kareung

Pantai Ujong Kareung UKCC ini berlokasi di Jalan H. Agus Salim, Ie Meule, Sukajaya, Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh, Indonesia. Pantai ini berjarak 1,5 km dari pusat kota Meulaboh dan berlokasi di wilayah Suak Indrapuri, Johan Pahlawan. Buat kamu yang ingin mengunjungi tempat anti-mainstream, rasanya pantai ini bisa menjadi alternatif tepat yang masih jarang terjamah oleh wisatawan.

Waktu terbaik ke pantai ini adalah pada pagi hari di mana terik matahari masih terasa hangat dan menyehatkan. Selain itu,suasana pada pagi hari juga terbilang masih sangat bagus untuk mengabadikan momen dan mengambil beberapa foto dengan background biru langit yang memantul sempurna ke laut. Saat menginjakkan kaki di pantai, kita akan langsung disuguhkan dengan keindahan pemandangan alam yang masih natural.

Pantai Ujong Kareung berbeda dengan pantai lainnya yang menyajikan pasir putih dan lembut karena pantai ini hanya menyuguhkan pemandangan bebatuan karang di sekitar bibir pantai dan berbentuk cekungan. Dengan ombak yang cukup besar, kamu tidak disarankan untuk bermain air karena bisa membahayakan diri. Namun, tenang saja karena aktivitasmu di sini tetap terjamin menyenangkan dengan sajian pemandangan alam yang memanjakan mata.

Selain itu, pantai ini juga bisa menjadi pilihan tepat untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang memanjakan mata. Menikmati sunset bersama dengan orang spesial memang menjadi salah satu pengalaman terbaik. Pantai Ujong Kareung adalah salah satu destinasi wisata pantai di Aceh yang wajib banget kamu kunjungi saat berlibur ke sini. Meskipun pantai ini pernah diluluhlantakkan oleh gelombang tsunami pada tahun 2004 silam, daya tariknya tidak lantas berkurang. Terbukti, sejumlah wisatawan memilih untuk menghabiskan waktu dengan duduk santai di pondok-pondok di pinggir pantai sambil menikmati suara deburan ombak yang menghantam karang. Suasana alam yang masih alami dengan air laut yang berwarna biru tosca menjadi pengalaman yang sangat memanjakan mata.

Eksotisme Pantai Ujong Batee Puteh

Selain Pantai Ujong Kareung, Pantai Ujong Batee Puteh masuk ke dalam daftar hidden paradise selanjutnya. Pantai yang terletak di Desa Suak Ujong Kalak ini berjarak hanya 3 km dari pusat kota Meulaboh. Saat ke sini, kamu tidak akan menemukan pasir putih, melainkan pasir hitam yang sangat halus. Ujong Batee dalam bahasa Aceh berarti ujung batu. Nama tersebut disematkan karena para pengunjung dapat melihat langsung Pulau Weh seperti bongkahan batu di ujung lautan.

Pantai ini adalah pantai yang bersejarah karena menjadi saksi bisu tewasnya Teuku Umar yang ditembak Belanda. Untuk mengenang jasanya, dibangunlah sebuah tugu berbentuk kupiah meukutop. Sayangnya, tugu tersebut hilang saat tsunami menerjang Aceh. Namun, sebagai penggantinya sudah dibangun kembali tugu yang bergeser sekitar 300 meter dari tempat semula.

Saat ke sini, Anda akan disuguhkan dengan suasana sunyi yang menenangkan dengan keindahan laut Selat Malaka. Menikmati angin laut yang berhembus sepoi-sepoi dengan diiringi suara desir ombak, pantai ini menjadi alternatif yang tepat bagi kamu yang ingin melepas penat dan mencari tempat yang tenang. Rimbunan pohon pinus yang bertengger di sepanjang sisi pantai pun semakin menambah suasana. Selain menikmati keindahan pantai dengan suasana yang tenang, pantai ini juga menjadi alternatif tepat bagi kamu yang ingin berburu hidangan seafood yang lezat. Nah, salah satu menu yang patut banget kamu cobain saat ke pantai ini adalah ikan kerapu goreng atau dimasak asam keueung dengan kuah pilek. Pengalaman berlibur semakin menyenangkan dengan pemandangan indah lengkap dengan sajian kuliner lezat yang memanjakan lidah.

Panorama Alam di Pantai Lhok Bubon

Ini dia pantai yang nggak kalah menarik dikunjungi di Aceh untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat. Lhok Bubon adalah pantai yang berada di Desa Bubon Kabupaten Aceh yang dapat memiliki jarak tempuh sekitar 8 km dari Meulaboh. Para wisatawan kerap memilih pantai ini sebagai destinasi karena menyuguhkan panorama alam yang indah dengan udara yang sejuk. Selain itu, di sini kamu juga bisa menikmati wisata kuliner dengan mencicipi hidangan laut segar yang dijajakan langsung di pelelangan.

Saat terjadi bencana Tsunami, pantai ini juga tidak luput dari amukan gelombang yang meluluhlantakkan semua fasilitas yang tersedia dan membuat puing-puing berhamburan ke mana-mana. Namun, pasca kejadian pantai ini direnovasi kembali sehingga keindahannya pun tidak perlu diragukan lagi.

Pemandangan air laut berwarna biru jernih seakan menggoda kita untuk segera bermain air atau hanya sekadar duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati sepoi-sepoi angin yang berhembus. Menjelang sore, pemandangan pantai semakin indah tatkala sang surya mulai terbenam dan memancarkan cahaya berwarna kuning kemerahan. Perpaduan warnanya menghanyutkan dan membius mata yang akan memberi ketenangan jiwa saat menghabiskan waktu di sini.

Itu dia hidden paradise di Aceh yang bisa dijadikan sebagai alternatif destinasi wisata untuk menghabiskan liburan baik sendirian, bersama teman, atau keluarga. Pantai-pantai yang masih jarang terjamah oleh wisatawan ini tentunya akan menyuguhkan pemandangan yang fresh. Jadi, sudah siapkah kamu untuk berlibur?

Leave a Comment