Mengeksplorasi Pulau Mandeh, Keindahan Pesisir di Sumatera Barat

Sumatera Barat adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal karena keajaiban alamnya, mulai dari pegunungan, sawah hijau, ngarai dalam, serta rumah-rumah besar dengan atap seperti tanduk kerbau. Dari banyaknya tempat wisata yang ada di Sumatera Barat, ada satu surga tersembunyi yang tersimpan cantik dengan sajian pesona alam yang mengagumkan. Jika di Papua terdapat Raja Ampat, kamu bisa menemukan Pulau Mandeh yang disebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya Sumatera Barat.

Akses Menuju Pulau Mandeh

Kawasan Mandeh berlokasi di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kecamatan Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Wisatawan dari luar kota tentunya bisa menempuh jalur udara terlebih dahulu menuju ke Bandar Udara Internasional Minangkabau, Padang. Setelah itu, barulah wisatawan bisa memilih sejumlah alternatif menuju kawasan wisata Mandeh.

Jalur pertama adalah jalur darat, yaitu menggunakan mobil atau taksi. Sementara itu, alternatif jalur darat lainnya adalah dengan Damri. Selain jalur darat, kamu bisa juga menggunakan jalur laut dengan kapal cepat dari Pelabuhan Teluk Bayur atau dengan kapal wisata Bintang Mandeh dari pelabuhan Muaro Padang.

Setibanya di kawasan wisata Mandeh, tepatnya di Pelabuhan Carocok Terusan, wisatawan masih haus menyeberangi teluk menuju ke pulau-pulau yang menyajikan atraksi wisata yang menyenangkan. Pertama, wisatawan bisa menyewa kapal motor dan membayar tarif yang telah ditentukan. Namun, harga sewa kapal motor ini tergolong mahal sehingga kamu bisa mengajak rombongan lain untuk naik bersama. Kedua, wisatawan bisa membeli paket wisata Mandeh yang biasanya tersedia. Umumnya, harga paket wisata ini cenderung lebih murah dan hemat. Ketiga, wisatawan bisa memanfaatkan kapal antar pulau yang kerap digunakan masyarakat dengan harga yang relatif murah.

Menelusuri Keindahan Kawasan Mandeh 

Kawasan Mandeh adalah perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau kecil di tengah Teluk Carocok Tarusan. Puncak Mandeh berbatasan langsung dengan kota Padang dengan jarak kurang lebih 56 km. Kawasan wisata Mandeh sendiri memiliki area seluas 18.00 Ha.

Saat berada di Puncak Mandeh, kamu bisa melihat gugusan pulau yang cantik, yaitu Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong Besar dan Kecil serta Pulau Cubadak. Di bagian selatan kawasan ini terdapat tanjung meliuk yang terlihat seperti danau dengan riak-riak kecil. Sementara itu, di bagian utara terdapat pulau yang melingkar, yakni Pulau Pagang, Pulau Bintangor, Pulau Ular, dan Pulau Marak.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Pulau Mandeh 

Menyajikan keindahan alam yang anti mainstream, ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan saat berada di Pulau Mandeh, antara lain:

Snorkeling

Pulau Mandeh memang sudah sangat terkenal menyimpan keindahan bawah laut yang mengagumkan. Nah, buat kamu yang berlibur ke sini pastinya nggak akan mau menyia-nyiakan kesempatan untuk melihat pemandangan terumbu karang, rumput laut, serta hewan-hewan laut yang menarik minat wisatawan untuk melakukan snorkeling.

Terjun Payung

Uji adrenalin kamu dengan melihat pemandangan di kepulauan Mandeh dari atas dengan melakukan terjun payung. Tentunya, aktivitas ini memberikan kesempatan bagi kamu untuk terbang mengelilingi pulau Sumatera Barat.

Berkemah

Datang ke Pulau Mandeh bersama dengan keluarga, teman, atau rombongan memang sangat menyenangkan. Kesenangan tersebut tentunya akan semakin lengkap dengan kegiatan berkemah dan mendirikan tenda.

Memancing

Mengatasi stres bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya melakukan kegiatan memancing. Di sini, kamu bisa memancing dengan suasana yang berbeda. Tidak perlu repot membaca alat pancing dari rumah karena sudah banyak tempat penyewaan alat memancing di sini.

Fasilitas di Pulau Mandeh

Meskipun kawasan ini jarang terjamah, Pulau Mandeh sudah memiliki banyak fasilitas umum yang tersedia untuk wisatawan, antara lain:

Penginapan

Di Pulau Mandeh, kamu akan menemukan banyak penginapan yang bisa menjadi alternatif untuk tempat bermalam. Didukung dengan fasilitas lengkap dan terletak sangat dekat dengan pulau yang akan memberi kenyamanan kepada setiap pengunjung. 

Toilet

Fasilitas toilet sudah tersedia di Pulau Mandeh sehingga wisatawan tidak akan mengalami kesulitan saat ingin buang air kecil maupun besar. Toilet yang tersedia pun terjamin kebersihannya. 

Area Bersantai

Bersantai sambil menikmati udara yang sejuk di Pulau Mandeh akan semakin terasa menyenangkan dengan duduk di area yang telah disediakan. Di area bersantai ini, para pengunjung dapat melihat langsung pemandangan yang tersaji di depan mata. 

Warung Makan

Puas berjalan-jalan menyusuri Pulau Mandeh akan membuat perut terasa lapar. Tenang, kamu nggak perlu bingung karena di kawasan ini tersedia warung makan yang menyuguhkan berbagai jenis makanan dan minuman beserta tempat duduk yang sangat nyaman.

3 Keunikan Pulau Mandeh 

Pulau Mandeh adalah salah satu kawasan wisata yang wajib dikunjungi bagi kamu yang menginginkan pengalaman berlibur anti mainstream. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata di balik keindahannya, Pulau Mandeh menyimpan tiga keunikan lho. Apa sajakah?

  • Pulau Mandeh bukanlah nama pulau, tetapi julukan dari beberapa pulau yang ada di perairan laut di pesisir Selatan, Sumatera Barat.
  • Mandeh terkenal sebagai kepulauan perawan karena kawasan ini masih belum banyak diketahui orang.
  • Puncak Mandeh adalah spot terbaik bagi kamu yang ingin menikmati keindahan Pulau Mandeh dari ketinggian. Wisatawan akan leluasa memandang ke lautan lepas dengan pemandangan laut berwarna biru nan cantik. Area pandang ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter di atas permukaan laut. 

Nah, buat kamu yang ingin berlibur ke Sumatera Barat, Pulau Mandeh adalah destinasi wisata yang anti mainstream. Kawasan yang masih jarang terjamah oleh wisatawan ini memiliki pemandangan alam yang masih asri. Pemandangan yang tersaji mampu membius mata dan membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Leave a Comment