Liburan Akhir Tahun Nggak Bikin Kantong Tipis dengan Mengunjungi 7 Tempat di Jogja Ini 

Wah, nggak kerasa ya liburan akhir tahun akan datang sebentar lagi. Apakah kamu sudah punya rencana atau malah masih mencari destinasi yang cocok? Mau liburan ke luar kota, tapi punya budget yang minim? Nggak usah bingung, sebenarnya kamu bisa banget lho ke luar kota dengan biaya murah. Jogja adalah salah satu alternatif destinasi untuk liburan akhir tahun yang murah meriah dengan pilihan tempat wisata menarik.

“…Terbawa lagi langkahku ke sana
Mantra apa entah yang istimewa
Kupercaya selalu ada sesuatu di Jogja….”
Adhitia Sofyan – Sesuatu di Jogja

Sesuai dengan lirik lagu di atas, Yogyakarta memang selalu memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Kota istimewa, katanya, memiliki berbagai spot menarik di setiap sudutnya yang menjadikan Jogja kerap dipilih sebagai destinasi wisata. Ada banyak hal yang menjadikan Kota Gudeg ini istimewa, mulai dari kuliner, spot alam, hingga peninggalan sejarah yang tersebar di seantero kota.

Keistimewaan itu ditambah lagi dengan keramahan penduduk lokal yang membuat atmosfer kota terasa sangat hangat. Tidak ketinggalan, biaya hidupnya juga terbilang murah sehingga kamu nggak perlu takut kocek tipis saat liburan akhir tahun. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini! 

Menyambut pagi dengan sunrise yang cantik dari Puncak Suroloyo

Menyambut hari dengan kecupan matahari pagi memang menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Di Puncak Suroloyo, kamu bisa melihat pemandangan matahari terbit (sunrise) yang cantik. Berlokasi di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, puncak tertinggi di Kulon Progo dengan ketinggian 1019 Mdpl ini memiliki udara yang sejuk.

Eits… kalau ingin menikmati keindahan dari atas puncak, kamu harus siap menaiki sekitar 268 anak tangga dulu lho. Namun, percaya deh rasa lelah menanjak dan melewati setiap anak tangga akan terbayar lunas dengan keindahan perpaduan antara warna jingga dari mentari dan biru tua dari langit yang tersaji di hadapan mata. Selain melihat pemandangan sunrise yang cantik, kamu juga akan disuguhkan dengan view Candi Borobudur, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro. Oh iya, kalau ke sini pastikan cuacanya sedang cerah supaya pemandangannya jadi lebih maksimal dan siapkan kondisi tubuh yang fit ya!


Yuk, istirahat sebentar dan menginap nyaman di hotel OYO terdekat!

Lokasi: Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta
HTM: Rp5.000
Jam Buka: 24 jam 

 

Bersantai di Pantai Tersembunyi di Kawasan Gunung Kidul: Pantai Sanglen

Ingin melepas penat dengan bersantai sambil ditemani dengan suara deburan ombak? Wah, pas banget karena kamu bisa langsung meluncur ke salah satu pantai tersembunyi yang ada di Jogja. Puas menikmati pemandangan sunrise, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Sanglen yang berada di kawasan Gunung Kidul. Saat menjejakkan kaki di sini, kamu akan langsung disuguhkan dengan hamparan pantai berpasir putih dan air laut berwarna hijau kebiruan yang cantik.

Pantai ini terbilang masih “perawan” karena masih belum terjamah oleh banyak orang seperti pantai lainnya sehingga terasa seperti milik pribadi. Pemandangannya masih sangat asri dan alami yang membuat tempat ini sangat cocok sebagai tempat untuk
refreshing. Bersantai di bibir pantai dengan hembusan angin sepoi-sepoi seakan menghipnotis dan membuat kita betah berlama-lama di sini. 

Alamat: Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia
HTM: Rp10.000
Jam Buka: 24 jam

 

Menelusuri Saksi Percintaan Rakai Pikatan dan Pramodyawardani di Candi Plaosan

Candi Plaosan adalah bukti nyata bahwa cinta sejati mampu menyatukan perbedaan. Candi dengan sentuhan arsitektur Hindu ini dipersembahkan oleh Rakai Pikatan untuk permaisuri hatinya, Pramodyawardani. Sejatinya, Rakai Pikatan adalah pemeluk Hindu yang berasal dari Dinasti Syailendra, sementara kekasihnya adalah pemeluk Budha. Candi yang dibangun pada abad ke-9 ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Candi Plaosan Lor (utara) dan Candi Plaosan Kidul (selatan).

Jika kamu menginginkan suasana yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk, tempat ini bisa menjadi alternatif yang tepat. Candi Plaosan memiliki bangunan yang cantik dengan lokasi di tengah areal persawahan yang akan menyajikan eksotisme tersendiri. Selain menelusuri kisah cinta dua insan, pengunjung juga bisa mengabadikan foto dengan latar hamparan rumput yang hijau dan deretan sawah yang berjejer rapi.

Alamat: Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454
HTM: Rp5.000
Jam Buka: Senin-Minggu (08.00-17.00)

Mengisi Kekosongan Perut dengan Mi Sehat: Mie Pelangi 88

Puas berjalan-jalan pasti membuatmu kelaparan. Nah, kamu bisa isi tenaga di salah satu kedai mi andalan di kota Jogja. Mie Pelangi 88 adalah kedai mi ayam yang anti mainstream karena menyuguhkan mi berwarna-warni seperti pelangi. Eits, nggak perlu khawatir karena warna-warni tersebut berasal dari sari pati sayuran yang bebas dari zat kimia atau pewarna sehingga aman dikonsumsi.
Sama seperti mi ayam pada umumnya, hidangan ini disajikan bersama sayur sawi lengkap dengan wortel dan telur. Lokasinya pun sangat strategis, yaitu tidak jauh dari Stasiun Lempuyangan dengan harga yang bersahabat. Perut kenyang, kantong pun nggak jebol!

Alamat: Jalan Lempuyangan No.1, Tegal Panggung, Danurejan, Tegal Panggung, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55211
Harga: sekitar Rp15.000
Jam Buka: Senin-Minggu (08.30-21.00)

 

Menengok Koleksi Seni Lengkap di Museum Sonobudoyo

Yuk, liburan anti mainstream sekaligus murah ke museum. Stigma museum yang terkesan gitu-gitu aja akan terhapuskan saat menginjakkan kaki di Museum Sonobudoyo. Museum yang dinobatkan sebagai museum terlengkap di Indonesia setelah Museum Nasional (Jakarta) ini menyimpan berbagai koleksi kesenian serta kebudayaan. Tercatat sebagai museum tertua di Yogyakarta, Museum Sonobudoyo dibangun pada tahun 1925 sekaligus menjadi ikon sejarah yang menyimpan banyak cerita dan sejarah.
Di museum ini terdapat berbagai fasilitas yang disediakan khusus untuk pengunjung, ruang pameran, ruang auditorium, ruang audio visual, hingga toilet. Koleksi yang disimpan di museum ini juga terbilang lengkap, seperti keris, batik, arca zaman klasik, gerabah senjata tradisional, hingga keramik kuno.

Alamat: Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
HTM: Rp3.000 (Dewasa) & Rp2.500 (Anak-anak)
Jam buka: 

  • Selasa – Kamis: 08.00 – 15.30
  • Jumat:   08.00 – 14.00
  • Sabtu – Minggu:  08.00 – 15.30 
  • Senin & Hari Libur Nasional: Tutup

Belanja Murah di Malioboro

Puas jalan-jalan saatnya membeli oleh-oleh. Nah, tempat yang pas banget buat dikunjungi adalah Malioboro. Jalan di kota Jogja ini memang sudah terkenal sebagai wisata belanja legendari di Indonesia. Berasal dari bahasa sansekerta “malyabhara”  yang berarti karangan bunga. Jalan Malioboro terdiri dari Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Luyo.


Kawasan yang menjadi ikon kota Yogyakarta ini memang tidak pernah sepi pengunjung, terutama saat weekend karena lokasinya yang sangat strategis di pusat kota sehingga mudah diakses. Sebagai kawasan legendaris, Malioboro menawarkan wisata belanja yang menyenangkan, dari tradisional hingga modern dengan harga miring. Berbagai jenis souvenir atau kerajinan khas Jogja bisa ditemukan di sepanjang Jalan Malioboro, seperti gantungan kunci, kaos, batik, dan lainnya. Selain berburu barang dengan harga murah, kamu bisa berkuliner ria di karena banyak pedagang makanan yang menjajakan makanan di sepanjang jalan ini.

Cari penginapan terdekat dari kawasan wisata ini? Yuk, coba cek di sini.

Alamat: Jl. Malioboro No.60-54, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271
HTM: gratis (biaya untuk parkir kendaraan saja)
Jam Buka: 24 jam

 

Menikmati Malam di Angkringan Kopi Jos Lik Man

Setelah puas menelusuri berbagai sudut menarik, cobalah untuk bersantai sejenak menikmati hangatnya malam kota Jogja dengan segelas kopi di angkringan. Angkringan Lik Man atau lebih dikenal Angkringan Tugu adalah kawasan yang cukup terkenal di Yogyakarta. Berada di lokasi yang strategis, yaitu sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta, angkringan ini memang selalu dipadati oleh pengunjung.



Saat ke sini, menu spesial yang wajib banget kamu coba adalah kopi jos. Kopi jos adalah kopi tubruk yang diberi tambahan bara api sebelum disajikan. Saat diseruput, bara api ini akan berpadu dengan kuatnya rasa kopi sehingga memberikan sensasi yang berbeda. Selain kopi, kamu juga bisa menemukan berbagai menu khas angkringan lainnya, seperti gorengan, nasi kucing, sate usus, hingga wedang jahe dengan harga yang murah meriah.

Alamat: Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271
Harga: berkisar Rp. 15.000 (kopi, nasi kucing, dan gorengan)
Jam buka: 

  • Senin- Sabtu: 14:00-03:00
  • Minggu: 14.00-12.00


Nah, itu dia rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi di Jogja saat liburan akhir tahun dengan
budget minim. Nggak perlu lagi deh bingung cari destinasi murah yang nggak bikin kantong jebol. Oh iya, setelah puas jalan-jalan di Jogja, usir rasa lelahmu dengan menginap di OYO ya. Pilih dan pesan hotel lewat aplikasi OYO dengan praktis dan mudah. Memiliki lokasi yang strategis, fasilitas lengkap, dan harga murah yang pastinya pas di kantong. Liburan murah dan seru? Nginep aja di OYO! 

Leave a Comment