Jalan-Jalan Akhir Tahun Hemat & Anti-Mainstream Jelajahi 7 Surga Tersembunyi di Bali 

Bali bukan lagi tempat asing buat para pelancong dari dalam maupun luar negeri. Berbagai pantai cantik, pemandangan alam yang dijamin bikin kamu berdecak kagum, kekayaan budaya yang unik, sampai beragam kuliner untuk dicicipi bikin Bali masih jadi salah satu tempat destinasi wisata paling favorit dengan banyak pilihan aktivitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan jalan-jalan kamu.

Semakin banyaknya pelancong yang datang ke Bali nggak bikin pulau cantik ini jadi mainstream karena masih banyak tempat tersembunyi untuk pengalaman liburan hemat yang nggak terlupakan. Apalagi, sebentar lagi akhir tahun tiba! Nggak ada yang lebih seru dari ngerayain tahun baru dengan liburan ke tempat yang beda dan nggak ngebosenin. Apa aja sih tempat-tempat anti mainstream buat dikunjungi di Bali?

 

Buat Si Anak Pantai: Pantai Thomas

Ke Bali rasanya kurang lengkap kalau belum jalan telanjang kaki di pasir yang hangat sambil nyeruput kelapa muda dan memandang debur ombak di kejauhan. Tapi, liburan akhir tahun pasti pantai dimana-mana penuh pengunjung. Udah denger pantai yang satu ini belum? Pantai Thomas, salah satu ‘pantai perawan’ yang belum banyak dijamah para pelancong.


Dengan ombak yang tenang, air biru jernih dan deretan kursi santai, dijamin deh kamu bakal betah duduk berjam-jam dengerin alunan musik alam yang menenangkan hati sambil menikmati momen tahun baruan. Nggak cuma menawarkan pemandangan yang indah, pantai ini juga nggak membebankan tiket masuk alias gratis. Kalau udah puas berjemur dan main air, jangan lupa istirahat sejenak di OYO 929 Uluwatu Suites yang nyaman ya!
Tips: karena letaknya yang tersembunyi, kalau mau ke sini lebih baik sewa scooter dan ajak temen yang gercep baca papan petunjuk jalan ya!

 

Buat yang Hobi Wisata Kuliner: Nasi Pedas Bu Andika

Kamu butuh energi buat menjelajah seharian dan nggak ada yang lebih enak dari yang pedes dan murah. Yuk, cicipin makanan rumahan di Nasi Pedas Bu Andika. Penampilannya yang sederhana dengan display lemari kaca yang banyak kamu lihat di warteg ibu kota nggak bikin tempat ini sepi pengunjung.


Dengan berbagai menu masakan nusantara, kamu bisa pilih dari beragam masakan rumahan kayak ayam suwir dan sayur singkong. Sepiring nasi dengan pilihan lauk pauk ditambah sayur dan sambal pedas bisa kamu nikmati cuma seharga Rp19.000 aja lho. Kalau ke sini, jangan lupa cicipin lawar, sayuran khas Bali yang dijamin bikin nagih!


Buat yang Susah
Move On: Museum Bajra Sandhi

Indonesia kaya akan sejarahnya dan Bali jadi salah satu tempat dengan kekayaan sejarah yang unik. Sempetin berkunjung ke Museum Bajra Sandhi yang ada di kota Denpasar, tepatnya di Jalan Puputan Renon, Denpasar.

Selain cerita latar belakang yang kental akan unsur sejarah peringatan perjuangan rakyat Bali, museum ini juga punya gaya arsitektur yang unik yang didominasi dengan gaya bangunan Bali dengan ukiran dan pahatannya yang khas. Buat menikmati itu semua, kamu cuma perlu merogoh kocek sebesar Rp25.000 aja per orang. Jadi, nggak ada alasan buat nggak nyempetin untuk mampir ke Museum Bajra Sandhi ya!


Buat si Pencinta Budaya: Desa Tenganan 

Masyarakat Bali dikenal masih menjunjung tinggi adat dan budaya peninggalan nenek moyang. Buat kamu yang tertarik buat cari tahu lebih dalam tentang budaya lokal Bali, kamu bisa mengunjungi Desa Tenganan yang terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Kamu bakal disambut sama masyarakat setempat yang masih pakai bahasa ‘Bali alus’ untuk berkomunikasi, menyaksikan langsung berbagai aktivitas budaya masyarakat lokal dan berfoto dengan latar belakang bangunan tradisional yang cantik.

Buat kamu pencinta budaya, rasanya sehari nggak akan cukup buat menjelajahi Desa Tenganan dan bersosialisasi sama penduduk lokal. Makanya, yuk menginap di OYO 1198 Kulkul Bungalow buat pengalaman menginap akhir tahun yang nggak terlupakan.


Buat yang Sukanya Menyatu dengan Alam: Air Terjun Nungnung 

Terletak sekitar 1 jam berkendara dari kota Denpasar, si pecinta alam bakal dimanjain sama air terjun setinggi 70 meter yang cantik, Air Terjun Nungnung. Setelah berkeringat ria karena iklim Bali yang lembab, kamu bisa nikmatin udara yang sejuk dan merenungi nasib di jembatan terkenal “Tukad Bangkung” yang juga nggak jauh terletak dari lokasi air terjun.


Tiket masuk ke objek wisata ini cuma Rp3.000 aja per orang lho. Di perjalanan pulang, kamu bisa bersantai di berbagai gazebo kecil di sepanjang jalan yang biasa dikenal dengan “bale-bale” sambil nikmatin minuman penghangat badan. Suasana yang tenang cocok banget buat kamu yang mau melepas penat dari riuhnya tempat-tempat penuh turis di Bali, apalagi pas musim liburan tahun baru.


Buat Si Hobi Belanja: Pasar Kreneng 

Mau beli hadiah tahun baru khasi Bali buat orang kesayangan tapi budget liburan tipis? Kata siapa belanja di Bali harus mahal? Di Pasar Kreneng, kamu bisa belanja sepuasnya dengan budget yang (kurang lebih) seadanya. Pasar tradisional ini terletak di Jalan Kamboja, Denpasar.

Buat yang suka berbaur sama masyarakat lokal, ini bakalan jadi tempat anti mainstream buat belanja dan bercengkerama bareng penduduk lokal yang super ramah. Kalau mau dateng ke sini, disarankan buat bangun pagi ya karena Pasar Kreneng cuma buka sampai tengah hari aja. Mulai dari aksesoris buatan penduduk setempat, baju sampai kuliner unik – semuanya ada di sini!


Buat Si Eksis di Media Sosial: Tegalalang Rice Terrace & Campuhan Ridge Walk 

Buat si socmed lover, salah satu resolusi tahun baru pasti tambah koleksi foto-foto kece. Nggak ke Bali namanya kalo belum upload berbagai foto eksis di tempat-tempat yang ‘instagrammable’. Tambah koleksi foto libur akhir tahun kamu dengan latar belakang pemandangan sawah yang hijau dan super cantik dijamin bakal bikin foto kamu banyak dapet likes! Buat dapet spot foto terbaik, kamu bisa ke Tegalalang Rice Terrace dan Campuhan Ridge Walk. Dua-dua nya terletak di Ubud, dua-dua nya dijamin bikin mata seger dan jepretan foto jadi ciamik dan deket sama hotel kece ini buat menginap nyamanmu.


Jangan malu buat nanya petunjuk arah ke penduduk lokal yang siap bantuin kamu nemuin 2 tempat cantik ini. Padi hijau sejauh mata memandang dan suara aliran sungai di kejauhan dijamin bikin hati adem. Tinggalin sepatu cantik di rumah, jangan lupa pake sunscreen dan isi botol minum dan siapin baterai cadangan buat sesi foto kece kamu!

Jadi, masih berpikir dua kali buat liburan akhir tahun di Bali? Kunjungin berbagai tempat di atas buat pengalaman liburan akhir tahun yang beda dan berkesan tanpa bikin kantong bolong. Mau yang lebih berkesan dan lebih hemat lagi? Pilih kamar hotel sesuai kebutuhan liburan kamu dan pesan lewat aplikasi OYO. Hotelnya ada di mana-mana, fasilitas nya dijamin lengkap, dan harganya nggak bakal bikin kantong kamu bolong! Siap liburan asik nan hemat di Bali?

 

Leave a Comment