Bebas Charge Bagasi Pesawat, Ini Tips Packing yang Efektif



Rencana liburan akhir tahun naik pesawat bisa saja tekor jika kamu tidak mempersiapkannya dengan baik. Kamu perlu cek harga tiket Garuda Indonesia di sini melalui Traveloka Lifestyle SuperApp terlebih dahulu, karena ada banyak tiket murah dan promo yang bisa ditemukan.

Bukan hanya harga tiket murah saja yang dicari, kebiasaan kamu membawa barang banyak juga bisa mengakibatkan over bagasi. Jika sudah terjadi, siap-siap saja dengan charge yang bukan main mahalnya.

Tidak ingin boros di biaya pesawat? Kamu perlu tahu bagaimana cara packing yang benar agar tidak kelebihan bagasi saat ditimbang. Yuk langsung aja simak tipsnya.

Tips-Packing

7 Tips Packing saat Liburan agar Tidak Over Bagasi

Sangat menyebalkan ketika check in dan barang bawaan ditimbang ternyata totalnya melebihi kapasitas yang diizinkan. Umumnya bagasi pesawat gratis yang diberikan oleh penumpang adalah 10 kg, namun ada juga yang 20 kg bahkan lebih.

Jika penumpang membawa barang yang beratnya lebih dari standar tersebut maka harus membayar dengan hitungan per kilo nya. Biaya charge ini juga bervariasi tergantung dengan jenis maskapainya.

Bayangkan saja, berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan jika barang kelebihan 5 kg saja. Apabila tarif yang dikenakan adalah Rp. 155.000 maka kamu harus rela membayar Rp. 775.000. Wow, bukan main mahalnya.

Biasanya kejadian ini sering terjadi ketika kamu hendak pulang. Setelah membeli banyak oleh-oleh di tempat liburan, barang bawaan jadi semakin banyak. Tapi kamu tak perlu khawatir lagi karena ada banyak tips packing yang bisa kamu ikuti berikut ini.

Memilih Tas dan Koper yang Ringan

Pemilihan koper dan juga tas yang berfungsi untuk membawa barang jadi perhatian paling utama. Ketika koper atau tas kamu saja sudah beras, otomatis barang bawaan yang kamu bawa jadi berkurang.

Koper yang ideal berat maksimalnya adalah 4,5 kg, artinya koper tersebut memiliki kekuatan yang pas dan beratnya normal. Pastikan juga agar koper ini memiliki struktur yang kuat sehingga akan lebih awet.

Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan tas yang beratnya jauh lebih ringan daripada koper. Hanya saja jika menggunakan tas lebih baik untuk tidak meletakkannya di bagasi agar tidak mudah sobek. Kamu bisa mengenakan tas ransel untuk dibawa ke kabin.

Pemilihan Outfit yang Tepat dan Tidak Berlebihan

Pakaian yang hendak dibawa juga jadi pertimbangan besar, karena jangan sampai kamu salah kostum. Cari tahu cuaca di tempat liburan sekaligus budayanya sehingga kamu tidak membawa pakaian berlebihan yang pada akhirnya tidak dikenakan.

Kamu juga bisa memilih pakaian yang berwarna netral supaya lebih mudah untuk dipadupadankan. Batasi pakaian yang dibawa, cukup lima pakaian dalam serta empat atasan dan tiga atau dua bawahan saja. Kamu juga bisa menambah satu alas kaki berupa sandal atau sepatu.

Selain itu cara meletakkan pakaian juga jadi faktor penting. Pakaian akan lebih menghemat tempat dengan digulung jangan dilipat. Supaya gulungan lebih rapi kamu bisa mengikatnya dengan karet gelang. Pasti kamu akan

Memanfaatkan Plastik Zip Lock

Ada yang jauh lebih mudah lagi untuk menghemat tempat di dalam koper yaitu memasukan pakaian ke dalam plastik zip lock. Usai menempatkan pakaian ke dalam plastik, gunakan mesin vakum sehingga packing jauh lebih rapi.

Nantinya plastik ini bisa digunakan untuk menyimpan pakaian kotor yang sudah digunakan. Semakin banyak ruang yang nantinya bisa kamu manfaatkan untuk menempatkan oleh-oleh di dalam koper.

Baca Juga : Tips Belanja Murah Di Malioboro Jogja

Tak Perlu Membawa Banyak Peralatan Elektronik

Masih saja suka membawa laptop, tab atau alat elektronik lainnya? Kecuali untuk perjalanan bisnis, sebenarnya kamu tidak perlu membawa benda-benda ini. Tujuan kamu untuk berlibur tentu akan diganggu oleh semua alat elektronik ini.

Cukup hanya membawa charger dan smartphone saja membuat kamu bisa liburan dengan lebih nyaman. Selain itu alat elektronik yang berlebihan juga hanya akan memperburuk kondisi bagasi nantinya.

Tidak aman juga menyimpan alat elektronik yang penting dan mahal ke dalam koper di bagasi. Karena sebagian besar koper akan dilempar dan resiko kerusakan alat elektronik lebih besar.

Pilih Perlengkapan Mandi Kemasan Sachet

Satu lagi yang seringkali membuat bagasi kelebihan yaitu perlengkapan mandi, apalagi kamu para cewek yang punya produk kecantikan segudang. Setidaknya dengan menggunakan perlengkapan mandi bentuk sachet akan mengurangi beban.

Jika ternyata produk yang kamu gunakan ternyata tidak menjual kemasan sachet, siapkan kemasan khusus sendiri. Saat ini ada banyak botol kecil atau kemasan plastik yang praktis digunakan untuk perlengkapan mandi.

Manfaatkan Jasa Pengiriman Barang

Apa hubungannya jasa pengiriman barang dengan liburan? Ada, karena kamu yang sering beli banyak oleh-oleh justru akan lebih hemat untuk menggunakan ekspedisi untuk mengirimkannya langsung ke rumah.

Jika barang yang kamu kirim beratnya 5 kg dan jasa paket hanya membandrol Rp50.000 per kg maka kamu bisa hemat lebih dari 100% dari biaya bagasi tambahan. Oleh-oleh atau barang berlebih yang dikirim pun bisa sampai bersamaan ketika kamu kembali ke rumah.

Pastikan Kamu Check In Lebih Awal

Siapa sangka bahwa maskapai akan lebih longgar ketika kamu bisa check in lebih awal. Biasanya koper yang masuk memiliki kelebihan beban sedikit tidak akan dikenakan biaya tambahan daripada penumpang yang telat check in.

Oleh karena itu akan lebih baik untuk selalu datang awal ke bandara supaya kamu bisa jadi orang yang pertama kali check in.

Bagaimana, mudah bukan mengikuti ketujuh tips ini? Selama kamu bisa mengontrol barang bawaan dengan baik, tidak perlu takut lagi soal overcharge bagasi yang mahal.

Leave a Comment