6 Tempat Wisata di Tebing Tinggi yang Wajib Dikunjungi

Jalan-jalan ke Sumatera Utara, biasanya wisatawan berkunjung ke Danau Toba, padahal di provinsi ini terdapat banyak tempat wisata lain yang belum banyak diketahui orang, salah satunya di Tebing Tinggi. Kota kecil di tengah Provinsi Sumatera Utara ini mungkin masih banyak yang belum mengetahui destinasi wisata apa saja yang bisa dikunjungi.

Jika kamu hendak menuju ke Kota Medan melewati Lintas Tengah Sumatera dan Kota Pematang Siantar, maka kamu juga akan melewati Tebing Tinggi, jadi tidak ada salahnya untuk mampir sejenak dan menikmati destinasi wisata yang ada di Tebing Tinggi. Biar nggak penasaran, ini dia 6 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika liburan ke Kota Tebing Tinggi. 

 

Istana Negeri Padang

Tebing Tinggi merupakan salah satu saksi sejarah Kerajaan Negeri Padang hingga akhirnya terbentuklah Istana Negeri Padang yang hingga kini masih berdiri kokoh. Istana ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Negeri Padang yang dibangun pada tahun 1800-an, dan pernah dilakukan renovasi. Meski begitu, bentuk asli bangunan ini tetap dipertahankan. 

Istana Negeri Padang berbentuk rumah panggung yang kokoh dan dihias dengan cat berwarna kuning yang merupakan warga kebanggaan masyarakat Melayu. Bahan bangunannya juga tidak sembarangan, karena istana negeri padang merupakan tempat tinggal raja, maka dibuat dengan bahan terbaik dan pilihan agar lebih kuat, kokoh, dan megah. 

Asal usul nama “Negeri Padang” diambil dari lingkungan istana yang terletak di terletak di dataran tanah dan dikelilingi pepohonan rimbun. Di sekitar area Istana Negeri Padang, terdapat makam raja ke delapan, sembilan, sepuluh, dan keluarganya. Jika berwisata ke sini, kamu tak hanya wisata sejarah dan budaya saja, tapi juga bisa berziarah ke makam raja.

 

Alamat : Bandar Utama, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara

Operasional : Sabtu – Kamis, 09.00 – 15.00 WIB

Tiket Masuk : Gratis

 

Taman Kota Tebing Tinggi

Setelah menempuh perjalanan dari atau menuju Medan, kini waktunya bersantai di taman sambil menikmati jajanan tradisional yang ada di sekitar taman. Ada banyak sekali makanan dan minuman yang bisa kamu coba di sini, mulai dari siomay, makanan ringan, minuman dingin, hingga burger. 

Bersantai di Taman Kota Tebing Tinggi tak perlu khawatir dengan panasnya matahari karena di sini dikelilingi pepohonan rimbun. Bagi kamu yang membawa anak, di sini menyediakan wahana bermain anak seperti perosotan dan ayunan. Anak-anak takkan bosan dengan menikmati wahana yang disediakan.

 

Alamat : Jl. Diponegoro, Rambung, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara

Operasional : 24 jam

Tiket Masuk : Gratis

 

Waterpark Gundaling

Siapa yang suka bermain air? Di Tebing Tinggi, terdapat waterpark yang dilengkapi dengan perosotan, Waterpark Gundaling namanya. Wisata air ini bisa dibilang paling disukai oleh masyarakat di Tebing Tinggi. Terlihat dari jumlah pengunjung yang tak pernah sepi pada musim libur tiba. 

Waterpark Gundaling tak hanya dilengkapi dengan perosotan saja, tapi juga beragam fasilitas lain yang bisa kamu nikmati. Tiket masuknya pun terbilang murah jika dibandingkan dengan waterpark di kota lain. Itu yang membuat tempat ini selalu menjadi incaran bagi masyarakat yang ingin menikmati serunya bermain air di Tebing Tinggi. Mau mencoba?

 

Alamat : Jl. Soekarno Hatta LK III, Tambangan, Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara 

Operasional : 06.00 – 18.00 WIB

Tiket Masuk : RpRp10.000/orang

 

Masjid Agung Tebing Tinggi

Bagi kamu yang beragama Islam, dalam perjalanan tentu membutuhkan masjid untuk menunaikan ibadah. Nah, saat melewati Kota Tebing Tinggi, jangan lupa untuk singgah di Masjid Agung Tebing Tinggi yang terletak di pusat kota. Sebagai kota persinggahan, Tebing Tinggi sedang disiapkan untuk menjadi kota yang nyaman dengan fasilitas lengkap seperti Taman Kota, rumah makan, hingga masjid agung yang diharapkan bisa dijadikan sebagai tempat ibadah yang bermanfaat bagi siapapun yang datang ke Kota Tebing Tinggi.

Masjid agung ini berdiri di atas lahan seluas 11 m2 dengan luas bangunan 1,500 m2 yang terlihat megah disertai arsitektur yang unik. Masjid Agung Tebing Tinggi mampu menampung hingga 3,000 jemaah dalam satu waktu. Bisa dibayangkan kan besarnya masjid yang baru dibangun pada tahun 2018 dan diresmikan pada awal tahun 2019 lalu ini

 

Alamat :  Jalan Gunung Leuser, Lalang, Rambutan, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara

Operasional : 24 jam

Tiket Masuk : Gratis

 

Museum Kota Tebing Tinggi

Kamu senang wisata sejarah? Kalau iya, tentu museum bisa menjadi pilihan destinasi ketika liburan. Salah satunya ke Museum Kota Tebing Tinggi yang menyimpan benda-benda dari beragam suku multi etnis yang ada di Tebing Tinggi. Diantaranya, suku Batak Simalungun, Toba, Nias, hingga Jawa. 

Benda yang dikoleksi museum ini juga beragam. Mulai dari pedang China, keris, Mandau, guci, radio lama, hingga mata uang bisa kamu lihat di sini. Selain itu juga, di Museum Kota Tebing Tinggi terdapat foto-foto peninggalan Kerajaan Padang. Kamu bisa belajar sejarah Tebing Tinggi di sini. Nggak cuma menyenangkan, liburanmu pun semakin bermanfaat.

 

Alamat : Jalan Kotamadya, Tebing Tinggi Lama, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara

Operasional : Senin – Sabtu, 08.00 – 16.00 WIB

Tiket Masuk : Rp5.000/orang

 

Danau Laut Tador

Bergeser sedikit ke Kabupaten Batu Bara di tenggara Kota Tebing Tinggi, terdapat Danau Laut Tador. Meski bukan masuk ke dalam bagian Kota Tebing Tinggi, danau ini hanya berjarak sekitar 20 km saja dari pusat Kota Tebing Tinggi. Jarak yang cukup dekat untuk menikmati wisata alam di Sumatera Utara.

Sesuai dengan namanya, Danau Laut Tador terletak di Desa Laut Tador, Kabupaten Batu Bara. Akses menuju Danau laut Tador cukup memadai dengan jalan yang teraspal mulus. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dari kota Tebing Tinggi ke Kabupaten Batu Bara. 

Setibanya di tujuan, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan Danau Laut Tador yang memesona. Danau seluas 8 hektar ini merupakan kawasan konservasi, sehingga kamu akan menjumpai banyak tumbuhan langka yang sudah berusia puluhan hingga ratusan tahun. Bagian tengah danau ini, terdapat pulau kecil yang bisa dijadikan sebagai tempat singgah. 

 

Alamat : Laut Tador, Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Ut

Operasional : 08.00 – 17.00 WIB

Tiket Masuk : Rp10.000/orang

 

Demikian informasi tentang tempat wisata di Tebing Tinggi yang wajib kamu kunjungi. Meski hanya sebagai kota persinggahan, ternyata Tebing Tinggi memiliki banyak tempat yang bisa dikunjungi. Kira-kira, tempat mana yang menjadi favoritmu?

 

Leave a Comment