6 Tempat Wisata di Makassar dengan Pesona yang Mengagumkan

Provinsi Sulawesi Selatan diketahui memiliki potensi wisata yang cantik dan anti mainstream. Mulai dari panorama alam hingga kulinernya memiliki keistimewaan tersendiri dan selalu memiliki daya tarik bagi siapa pun. Sebenarnya, apa sih yang terbesit di pikiranmu saat mendengar kata Makassar? Menikmati keindahan sunset di tepi Pantai Losari atau jajan aneka oleh-olehnya?

Apa pun itu, banyak lho hal yang bisa dilakukan di sini. Selain itu, di Makassar juga banyak menyimpan tempat-tempat wisata yang asyik dan pastinya akan memanjakanmu. Penasaran dengan destinasi wisata yang ada di kota Makassar? Yuk, simak tempat wisata di Makassar yang wajib banget kamu kunjungi berikut ini!

  1. Pantai Kanipang, Pinrang

Kalau kamu ingin mendapatkan ketenangan, cobain deh ke Pantai Kanipang di Pinrang. Pantai ini menjadi salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi untuk melepas penat karena aktivitas sehari-hari. Berlokasi di Dusun Kanipang, Desa Sabbang Paru, Kecamatan Lembang, Pinrang, Sulawesi Selatan, pantai ini menyuguhkan pemandangan indah yang mampu membius mata.

Berpadu dengan ombak yang tidak bergejolak, angin sepoi-sepoi, serta jejeran pohon kelapa yang teduh semakin menciptakan atmosfer menyenangkan selama menghabiskan waktu di sini. Selain itu, di sini juga menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang super duper kece sehingga kamu bisa banget nih bersantai di sini sambil menikmati senja.

2. Taman Batu Balocci

Mau coba destinasi wisata yang unik dan anti mainstream? Taman Batu Balocci yang menjadi wisata karst atau biasa disebut taman batu oleh masyarakat sekitar menjadi destinasi yang bisa banget kamu kunjungi saat ke Makassar. Kawasan Karst terbesar di dunia setelah China ini menyajikan pemandangan yang keren dan membuat takjub berupa susunan batu yang ada.

Bukan hanya sekadar menawarkan spot untuk berswafoto, tapi kawasan taman batu ini menyajikan udara yang sejuk karena lokasinya yang berada di tengah sawah dan perkebunan warga. Di sini kamu bisa menikmati keseruan di sini dengan berkemah. Oh iya, saking indahnya pemandangan di sini, Taman Batu Balocci sering kali menjadi tempat untuk pemotretan pra-wedding.

3. Pantai Losari

Ini dia ikon kota Makassar yang wajib banget kamu datengin saat berkunjung ke sini. Tak heran, jika kawasan ini sering kali dipadati oleh pengunjung saat akhir pekan atau musim liburan. Pada pagi hari, banyak yang menjadikan Pantai Losari sebagai spot untuk jogging, sementara sore hari banyak yang menunggu momen matahari terbenam sambil menikmati kuliner yang ada.

Pantai yang berada di Jalan Penghibur ini memiliki keunikan tersendiri. Jika umumnya pantai dikenal dengan pasarnya, Pantai Losari tidak memiliki pasir. Di sini ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, seperti memancing, berlayar dengan perahu, atau hanya sekadar bersantai di pinggiran sambil menikmati pemandangan.

4. Pulau Lae-lae

Pulau mungil eksotis yang berlokasi dekat dengan pesisir Pantai Losari ini bisa menjadi destinasi yang perlu dikunjungi saat berlibur ke Makassar. Kamu bisa menempuh ke sini dengan menggunakan perahu motor nelayan selama kurang lebih 5 menit. Menyuguhkan panorama yang elok, pulau yang bersebelahan dengan Pulau Samalona ini cocok banget sebagai tempat untuk rehat sejenak dari padatnya aktivitas.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di sini, salah satunya adalah snorkeling dan diving menikmati keindahan bawah laut. Ada banyak jenis ikan kecil dan terumbu karang cantik yang bisa kamu lihat. Airnya yang jernih dan biru kehijauan membuat pulau ini memang membius siapa pun yang melihatnya dan seakan tidak ingin beranjak pergi.

5. Taman Laut Taka Bonerate

Taman Laut Taka Bonerate adalah kawasan atol atau terumbu karang terbesar ketiga di dunia yang memiliki luas 220.000 hektar. Kawasan ini merupakan satu dari tujuh Taman Nasional Laut yang dimiliki Indonesia dengan lima belas pulau yang masing-masing memiliki pesona mengagumkan untuk memanjakan siapa pun yang melihatnya. Pesona-pesona pulau tersebut dapat dinikmati dengan cara snorkeling atau diving.

Taman Laut Taka Bonerate adalah letusan gunung berapi yang terendam sekitar 2000 meter di bawah permukaan air laut. Di sini ada berbagai tanaman laut yang bisa kamu temukan. Selain itu, kawasan ini juga menjadi rumah bagi para penyu. Untuk menuju ke sini, para pengunjung bisa melanjutkan perjalanan ke Bandara Aeropala dari Makassar. Jika ingin menempuh jalur darat, kamu bisa menaiki bus dari Terminal Malengkeri ke Pelabuhan Bira selama 5 jam, lalu dilanjutkan ke Pelabuhan Pamatata.

6. Pantai Akkarena

Ingin menikmati pemandangan matahari terbenam di pinggir pantai? Coba deh berkunjung ke Pantai Akkarena. Pantai yang berpasir hitam ini memiliki pemandangan yang memesona. Di sini tersedia berbagai sarana untuk bersantai, bermain, dan berolahraga bagi keluarga. Meskipun pasirnya hitam, pantai ini memiliki air yang cukup jernih.

Di sini banyak sekali pengunjung yang menghabiskan waktu dengan berenang. Setelah puas bermain air, para pengunjung bisa langsung membilas badan di kamar mandi yang telah tersedia. Pantai ini sangat mudah ditemukan karena lokasinya berada dekat dengan jantung kota Makassar, tepatnya tidak jauh dari Pantai Losari dan Mall GTC.

Itu dia 6 tempat wisata di Makassar dengan pesona yang mengagumkan. Nah, kalau kamu berencana ke kota Makassar, nggak ada salahnya lho untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Dijamin, kamu bakal betah berlama-lama menghabiskan waktu di salah satu tempat wisata tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Selamat berlibur!

Leave a Comment