5 Tempat Buat Libur Tahun Baru Seru di Jakarta  

Ngomongin tentang destinasi wisata, ibu kota Indonesia ini mungkin bukan pilihan pertama buat para pelancong saat memilih tempat berlibur, apalagi buat berlibur akhir tahun. Macet dan panas jadi dua kata yang ada di pikiran saat ngomongin tentang Jakarta. Belum lagi, buat para pendatang yang bermukim di Jakarta, destinasi wisata di luar kota pasti lebih menarik karena dianggap menawarkan sesuatu yang ‘berbeda’.
Tapi, apa kabar buat yang mau libur tahun baru seru dengan budget terbatas? Atau buat yang harus stay di Jakarta pas akhir tahun nanti? Tenang guys, kita bakal kasih tau kamu tempat-tempat yang bisa kamu kunjungin di Jakarta buat staycation akhir tahun yang dijamin nggak kalah seru dari berbagai kota destinasi wisata lainnya. Yuk, catat nama tempat-tempat di bawah ini!  

Buat Si Pencinta Museum: Museum Nasional

Buat kamu yang hobi main ke museum, harus banget kunjungin Museum Nasional atau yang juga biasa disebut Museum Gajah untuk momen staycation akhir tahun seru di Jakarta. Bangunan bergaya kolonial yang luas ini menyimpan banyak banget sejarah berbagai suku yang ada di Indonesia. Taman kecil apik yang ada di kompleks museum juga bisa jadi ide spot foto yang super kece.

Buat yang sekalian mau belajar Bahasa Inggris atau bahasa lainnya, kamu bisa ikut tur museum yang disediakan dalam berbagai bahasa mulai dari Inggris sampai bahasa Korea. Serunya, kamu nggak akan dipungut biaya kalau mau ikut tur ini. Selain itu, biaya masuk museum juga cukup terjangkau, yaitu berkisar antara Rp2.000 hingga Rp5.000 aja. Jangan lupa cek jam operasional museum sebelum berkunjung dan buat staycation kamu lebih seru dengan menginap di OYO 116 N Hotel.

Buat yang Hobi Kulineran: Gulai Tikungan & Martabak Pecenongan

Banyaknya pendatang yang datang ke Jakarta buat mengadu nasib bikin Jakarta jadi kota melting pot yang beragam, terutama urusan makanan. Beragam masakan dari Sabang sampai Merauke, hampir semuanya bisa kamu temuin di Jakarta! Buat yang lapar setiap saat dan suka kulineran murah, kamu wajib mampir ke Gulai Tikungan (Gultik). 

Tempat makan kaki lima ini terletak di kawasan Blok M, salah satu kawasan kuliner kaki lima favorit anak Jakarta karena berbagai pilihan makanannya dengan rasa yang mantap dan harga yang ramah di kantong. Sepiring nasi gulai bisa dinikmati cuma dengan mengeluarkan  kocek Rp 10.000. Buat kamu yang mau lihat pertunjukkan kembang api di tahun baru nanti, Gultik buka sampai larut buat meredakan perut keroncongan kamu.

Selain itu, di bilangan Jakarta Pusat tepatnya di Jalan Pecenongan, kamu juga bakal nemuin surga kuliner yang beragam. Berbagai restoran dan tempat makan di Pecenongan ini terkenal legendaris dan kebanyakan udah beroperasi dari jaman papa mama masih pacaran. Wisata kuliner Pecenongan ini terkenal banget sama martabak nya yang super endeus, Martabak Pecenongan 65A. Buka dari pukul 06.00 – 00.00 setiap harinya, kamu mesti siap antre buat nikmatin martabak manis dan asin kesukaan kamu.

Berbagai rasa dan
topping martabak bisa kamu pilih dan yang paling favorit disini adalah martabak Toblerone keju dan green tea. Cuma dengan uang Rp100.000-an saja, kamu bisa cicipin hangatnya martabak dan bahkan masih bisa jajan berbagai menu favorit lain di sini kayak bubur hangat di Bubur Kwang Tung dan seafood yang bikin nagih di Pangkep 33. Tahun baru, perut kenyang, kantong aman!

Buat Si Hobi Belanja: Pasar Senen

Setuju kan tahun baru harus tampil kece dengan penampilan baru? Buat kamu yang mau berburu baju-baju unik atau hobi koleksi barang branded tapi modal pas-pasan, Pasar Senen bisa jadi tujuan belanja yang tepat buat kamu! Kamu bisa nemuin berbagai barang branded dengan harga miring, mulai dari celana, baju, topi, sepatu, tas dan masih banyak lagi.

Barang-barang di sini dihargain mulai dari Rp5.000 sampai jutaan rupiah. Asal kamu nggak masalah buat berpanas-panas ria sambil ‘ngubek-ngubek’ baju bekas yang dijajakan, kalo kamu beruntung, bukan nggak mungkin nemu barang merek terkenal harga selangit yang bisa kamu bawa pulang cuma dengan selembar duit seratus ribuan aja. Habis puas belanja, selonjoran manja di OYO 371 Kwitang Guest House bisa bikin badan kamu seger lagi buat lanjut eksplor spot liburan lainnya di Jakarta. Sekedar tips, ajak temen kamu yang berani sadis pas nawar harga ya!

 

Buat Si Pemburu Foto dan Si Sporty: Taman Menteng  

Terpapar asap kendaraan pas lagi jalan-jalan di Jakarta itu udah biasa, yang nggak biasa adalah bersantai di salah satu taman kota cantik buat menghindar sejenak dari jahatnya polusi ibu kota. Buat yang mau bagusin feed di media sosial atau mau olahraga santai, kamu bisa mampir ke Taman Menteng.

Lokasinya yang strategis di tengah kota menjadikan taman ini salah satu tempat santai favorit warga ibu kota. Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang disediakan GRATIS buat penunjang waktu santai kamu, mulai dari sarana bermain anak sampai jogging track. Jadi, buat yang penat dan kangen lihat pepohonan rindang nan hijau, yuk mari melipir ke Taman Menteng.


Buat yang Suka Binatang: Taman Wisata Ragunan

Nggak cuma pepohonan hijau aja, melihat berbagai satwa lucu juga bisa jadi salah satu cara melepas kepenatan. Buat si pencinta binatang, kamu bisa lihat lucunya hewan-hewan seperti gajah dan jerapah di Kebun Binatang Ragunan. Tiket masuknya pun sangat terjangkau – dipatok seharga Rp4.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.


Nah, karena letaknya yang lumayan jauh dari pusat kota Jakarta, datang lebih pagi biar bisa puas keliling kebun binatang seharian dengan suasana yang nggak terlalu ramai pengunjung. Kalau kamu mager jalan, ada fasilitas sepeda yang bisa disewa. Jangan lupa bawa bekal makan biar bisa piknik ala-ala ya!

Bener kan banyak tempat seru buat libur tahun baru di Jakarta? Selain tempat-tempat di atas, masih banyak berbagai tempat buat liburan yang dijamin seru yang bisa kamu kunjungin di Jakarta. Eits, tapi jangan sampai salah pilih tempat menginap biar liburan kamu nggak garing. Pilih dan pesan hotel lewat aplikasi OYO dengan lokasi yang strategis dan fasilitas yang lengkap tanpa bikin kantong bolong. Liburan seru, nginepnya di OYO aja!

Leave a Comment